Android 9.0 Dinamakan juga Android Pie Berikut Update Fitur Barunya

Android terus melakukan perubahan dengan menghadirkan Android Pie, keunggulan dan kelebihan fitur Android 9.0 ini bisa dikatakan memiliki tampilan yang lumayan berbeda ketimbang sebelumnya.

Apa saja kelebihan dan keunggulan update terbaru di Android Pie

Pada dasarnya secara garis besar fitur yang dibuat oleh Android pie menggunakan pemograman AI, tujuannya untuk memudahkan pihak developer mempelajari user experience penggunanya.

Jadi pihak Android butuh kenal kamu lebih dalam dan lebih baik melalui kegiatan kamu memakai smartphone, fitur apa saja yang kamu pakai di smartphone itu, berapa lama, dan hal apa yang tidak kamu lakukan sama sekali di smartphone yang kamu pakai.

Apa saja update terbaru Android 9.0

 

Adaptive battery

Salah satu perubahan yang ada di Android 9.0, yang bisa kita sebut juga sebagai Android pie adalah Adaptive Baterry, yaitu memiliki kelebihan untuk mempelajari aplikasi apa saja yang sering kamu gunakan, kapan kamu mengunakannya dan memanfaatkan data itu untuk mengalokasikan baterai di smartphone kamu.

Jadi secara otomatis fitur ini akan bekerja secara pintar, dan mendorong pemakaian baterai saat kamu menggunakan aplikasi yang sering kamu pakai.

 

Adaptive Brightness

Kita tahu kalau Brightness adalah pengaturan cahaya di smartphone, tapi sangat berbeda di Android pie yang hal ini bisa disesuaikan dengan pola kamu membuka suatu aplikasi setiap harinya.

Jadi tanpa pengaturan manual pun, saat kamu membuka suatu aplikasi tingkat kecerahan layar akan di sesuaikan.

 

App Action

Ini adalah satu fitur simple lainnya dari Android pie, katakanlah ada empat atau lima aplikasi yang pasti kamu pakai setiap harinya.

Maka system akan membaca itu, dan merekomendasikan untuk aplikasi yang sering kamu pakai tampil di halaman depan, contohnya seperti pilihan fitur pada GO-JEK, hanya bedanya di GO-JEK perpindahannya manual.

Kalau di Android pie terbaru, mereka otomatis akan menyodorkan aplikasi itu, tanpa kamu tekan.

 

Simplicity

Ini lebih ke tampilan tatapan antar muka saja, yang dulu lebih banyak icon, sekarang dipangkas hanya sebagian, dari segi design juga dibikin lebih banyak lekukan.

Contohnya bisa dilihat di layar Google pixel yang sudah update Android pie

 

Dark Mode

Hampir semua layanan mulai dari Apple hingga smartphone buatan china menyematkan fitur dark mode ini, ditengarai perubahan tampilan ke mode gelap ini berhasil memperpanjang usia baterai, dan tidak boros.

Di fitur Android pie dihadirkan dark mode menjadi salah satu alasan kenapa sistem operasi Android masih layak untuk terus digunakan.

 

Digital Wellbeing

Seperti yang diniatkan oleh pihak developer ada tiga benang merah bagaimana perubahan Android pie menjadi lebih baik, mulai dari intelegence, simplicity dan digital wellbeing.

Apa itu digital wellbeing. Secara garis besar sebuah fitur yang membuat hidup kamu lebih balance, gak hanya dihabiskan di depan smartphone aja.

Melalu pengaturan digital wellbeing, kamu dapat mengatur berapa lama menggunakan smartphone atau aplikasi apa aja yang bisa kamu pakai dalam jangka waktu tertentu.

 

Do Not Disturbed Mode

Update terbaru untuk satu fitur ini, kamu tidak hanya mengabaikan telepon dan chat yang masuk, tapi di update android pie terbaru semua kegiatan atau sesuatu yang masuk di smartphone kamu akan diabaikan.

Cukup dengan membalikkan smartphone segala gangguan atau lalu lintas aplikasi dari luar akan otomatis dimatikaan untuk sementara, yang membuat kamu lebih fokus dalam melakukan sesuatu, ngobrol dengan klien misalnya. Atau sama pasangan yang sedang melakukan quality time.

 

Google Maps

Aplikasi yang membantu kamu menemukan alamat dan daerah tertentu menjadi lebih visual, Google memakai augment reality yang dilengkapi dengan sebuah teknologi baru VPS (visual positioning system).

Tidak hanya itu, Gmaps bisa langsung merekomendasi tempat makan di restoran yang mungkin kamu suka atau mirip dengan yang sudah kamu kunjungi, serta di daerah di mana kamu tuju tersedia di sekitar makanan apa saja yang ada di daerah tersebut.

 

Google News

Karena dasar pengembangan Android pie memakai AI, maka Google news tentu lebih human being dengan menyodorkan berita yang kamu buka sebelumnya, kamu sukai atau memiliki ketertarikan khusus pada konten tersebut.

Google Duplex

Sebuah virtual assistant yang membuat Google assistant nampak lebih cekatan, bayangkan ketika kamu membutuhkan sesuatu tinggal pencet smartphone dan menyuruh Google untuk melakukannya.

Sudah begitu, melalui Google duplex pihak Google akan melakukan semua yang kamu suruh, dengan menelepon layanan itu, berbicara dan melakukan janji pertemuan, robot yang tahu soal manusia.

 

Kesimpulan

Android yang terus berbenah agar penggunanya semakin terbantu dalam semua aspek, memaksa kita yang sebenarnya tidak begitu menginginkan perubahan dipaksa untuk ikut terjun di dalamnya. Andaikata, misalnya saya adalah pengguna Android yang diperuntukan hanya untuk chat, kenapa system dari mereka tidak memberi pilihan itu,”kata teman saya.

Mungkin begini, tidak jadi masalah ketika kamu memutuskan untuk tidak update Android pie, namun pasti akan ada gangguan yang disebabkan mungkin oleh virus atau semacamnya, karena ketika satu aplikasi melakukan pembaruan, maka yang lain akan menyesuaikan agar saat dipakai, aplikasi itu aman, selain itu sebuah aplikasi tidak hanya akan berdiri sendiri ketika ia hadir di suatu smartphone.

Leave a Reply